Manaqib (biografi SHOHIH)
Syaikh Abdul Qadir Al Jailani ra
Beliau adalah
seorang ulama besar sehingga suatu kewajaran jika sekarang ini banyak kaum
muslimin menyanjungnya dan mencintainya.Sebagian kaum muslimin yang menjadikan
Syaikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah (perantara) dalam do’a mereka.
Karena tawasul adalah salah satu sunah nabi SAW….sebagaiman nabi adam
bertawasul dgn nabi muhammad (lihat hadits qudsi)
Kelahirannya
Syaikh Abdul
Qadir Al Jailani adalah seorang ‘alim di Baghdad
yang lahir pada tahun 490/471 H di kota
Jailan atau disebut juga Kailan. Sehingga di akhir nama beliau ditambahkan kata
Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliy.
Pendidikannya
Pada usia yang
masih muda beliau telah merantau ke Baghdad
dan meninggalkan tanah kelahirannya. Di sana
beliau belajar kepada beberapa orang ulama seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthath,
Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Mukharrimi sehingga mampu menguasai
ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama.
Dakwahnya
Beliau berdakwah
lebih dari 25 tahun seorang diri, meninggalkan kampung halaman, berjalan dari
kampung ke kampung, melintasi hutan, gurun pasir, sungai , menjumpai
umat…mendakwahkan kalimat iman…. (lihat manaqib beliau) dalam perjalanan dakwah
belaiu inilah banyak karamah2 yang diceritakan dalam kitab manaqib yang ditulis
oleh murid murid belaiu yang terpercaya.
Suatu ketika Abu
Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil di sebuah daerah yang bernama Babul
Azaj dan pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada Syaikh Abdul Qadir
(setelah beliau kembali dari dakwah selama 25 tahun tsb). Beliau mengelola
sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim di sana sambil memeberikan nasehat kepada
orang-orang yang ada di sana,
sampai beliau meninggal dunia di daerah tersebut.
Banyak sudah
orang yang bertaubat demi mendengar nasihat beliau. Banyak orang yang
bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah ini
tidak kuat menampungnya. Maka diadakan perluasan.
Imam Adz Dzahabi
dalam menyebutkan biografi Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin
Nubala, menukilkan perkataan Syaikh sebagai berikut, “Lebih dari lima ratus orang masuk
Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
Murid-murid
beliau banyak yang menjadi ulama terkenal, seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang
menyusun Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Ibnu Qudamah penyusun kitab fiqh
terkenal Al Mughni.
kefahaman beliau
sangat tinggi dalam ilmu agama, risau dan fikir belaiu untuk ummat yang sangat
mendalam. membuat beliau sanggung mengorbankan harta dan dirinya untuk
mendakwahkan agama Allah.
karamah2 yang
allah berikan pada wali2 Allah dari kalangan umat ahir zaman, umat rasulullah
saw adalah lebih dahsyat dari mukjizat nabi nabi zaman bani israil. Karena
tugas umat nabi muhammad adalah sama dengan tugas nabi muhammad yaitu berdakwah
kepada umat seluruh alam sampai hari kiamat. Maka wajar jika nusratullah yang
Allah berikan lebih besar dari mukjizat nabi-nabi bani israil yang hanya
berdakwah di satu kaum yaiutu kaum bani israil saja bukan untuk umat seluruh
alam.
seperti kisah
syaikh abdul kadir, dengan karamahnya beliau diganggu oleh iblis, belaiu
terbang didepan murid2nya, menghidupkan orang mati didepan 3 pendeta nasrani
shg tiga pendeta ini masuk islam (lebih hebat dari mukjizat nabi isa as).
Beliau memanggil
burung yang sudah ia masak dan ia makan , dan burung itu hidup kembali. Beliau
memnaggil burung tsb dgn membaca ayat ttg nabi ibrahim memanggil kembali burung
yang sudah nabi ibrahim potong2 dan diletakan di atas gunung-gunung. Bnayk
sekali karamah2 yang allah berikan padanya. Dan itu adalah mungkin dan tidak
mustahil karena allah maha kuasa dan maha berkehendak.
Wafatnya
Beliau Wafat
pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir tahun 561
H di daerah Babul Azaj.
Pendapat Para
Ulama tentang Beliau
Ketika ditanya
tentang Syaikh Abdul Qadir Al jailani, Ibnu Qudamah menjawab, “Kami sempat
berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya.
Beliau sangat perhatian kepada kami. Kadang beliau mengutus putra beliau Yahya
untuk menyalakan lampu buat kami. Terkadang beliau juga mengirimkan makanan
buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat fardhu.”
Ibnu Rajab di
antaranya mengatakan, “Syaikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang yang
diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syaikh, baik ulama dan
para ahli zuhud. Beliau memiliki banyak keutamaan dan karamah.
Ibnu Rajab juga
berkata, “Syaikh Abdul Qadir Al Jailani memiliki pendapat yang bagus dalam masalah
tauhid, sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat
yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil
Haq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib.
Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang banyak berkaitan dengan
nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan
lainnya, ia berpegang pada sunnah. “
Imam Adz Dzahabi
mengatakan, “intinya Syaikh Abdul Qadir Al Jailani memiliki kedudukan yang
agung”.
Imam Adz Dzahabi
juga berkata, “Tidak ada seorangpun para ulama besar yang riwayat hidup dan
karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syaikh Abdul Qadir Al Jailani”
AQIDAH SYAIKH
ABDUL QADIR JAILANI SAMA DENGAN AQIDAH IMAM ADZAHABI YAKNI MENAFIKAN TEMPAT DAN
TEMPAT DAN ARAH…lihat kitab imam adzahabi , beliau tidak mensifati allah dengan
sifat makhluq, tidak mensifati Allah dgn tempat dan arah, tidak mensifati
allahn dgn sifat duduk, berdiri, berlari2 kecil dsb.
AL-HAFIZ
AZ-ZAHABI KAFIRKAN AKIDAH: ALLAH DUDUK
AL-HAFIZ
AZ-ZAHABI KAFIRKAN AKIDAH: ALLAH BERSEMAYAM/DUDUK
Oleh: Abu Syafiq
( Tel HP 006-012-2850578)
*Bersemayam yang
bererti Duduk adalah sifat yang tidak layak bagi Allah dan Allah tidak pernah
menyatakan demikian, begitu juga NabiNya.
Hakikat
kebenaran tetap akan terserlah walaupun lidah syaitan Wahhabi cuba
merubahnya.
Kali ini
dipaparkan bagaimana rujukan utama Wahhabi iaitu Al-Hafiz Az-Zahabi sendiri
mnghukum kafir akidah sesat: Allah Bersemayam/Duduk yang dipelopori oleh
Wahhabi pada zaman kini. Az-Zahabi adalah Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin
Ahmad bin Uthman bin Qaymaz bin Abdullah ( 673-748H ). Pengarang kitab Siyar
An-Nubala’ dan kitab-kitab lain termasuk Al-Kabair.
Az-Zahabi mengkafirkan
akidah Allah Duduk sepertimana yang telah dinyatakan olehnya sendiri di dalam
kitabnya berjudul Kitab Al-Kabair. Demikian teks Az-Zahabi kafirkan akidah “
Allah Bersemayam/Duduk” :
Nama kitab:
Al-Kabair.
Pengarang:
Al-Hafiz Az-Zahabi.
Cetakan: Muassasah
Al-Kitab Athaqofah,cetakan pertama 1410h.
Terjemahan.
Berkata Al-Hafiz
Az-Zahabi:
“Faidah,
perkataan manusia yang dihukum kufur jelas terkeluar dari Islam oleh para ulama
adalah: …sekiranya seseorang itu menyatakan: Allah Duduk untuk menetap atau
katanya Allah Berdiri untuk menetap maka dia telah jatuh KAFIR”. Rujuk scan
kitab tersebut di atas m/s 142.
Perhatikan
bagaimana Az-Zahabi menghukum kafir sesiapa yang mendakwa Allah bersifat Duduk.
Sesiapa yang mengatakan Allah Duduk maka dia kafir.
Fokuskan pada
kenyataan Az-Zahhabi tidak pula mengatakan “sekiranya seseorang itu kata Allah
Duduk seperti makhlukNya maka barulah dia kafir” akan tetapi amat jelas
Az-Zahabi terus menghukum kafir kepada sesiapa yang mendakwa Allah Duduk
disamping Az-Zahabi menukilkan hukum tersebut dari seluruh ulama Islam.
:
Pemahamannya
Beliau seorang
Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.
Beliau adalah seorang alim yang beraqidah ahlus sunnah mengikuti jalan Para
Pendahulu Islam Yang Sholeh. Dikenal banyak memiliki karamah-karamah.
SYAIKH ABDUL
KADIR MEMPUNYAI PEMAHAMAN AHLUSUNNAH WALJAMA’AH , BELIAU TIDAK MENGGUNAKAN
MAKNA DHOHIR DALAM MENTAFSIR AYAT/HADITS
MUSTSYABIHAT. SMA SEPERTI AQIDAH IMAM MADZAB YANG 4. INI BISA DILIHAT DALAM
KITAB SIRRULASRAR (RAHASIA ADRI YANG PALING RAHASIA. KEBOHONGAN WAHABI TENTANG
PEMAHAMAN SAYIKH ABDUL KADIR DENGAN MEMALSUKAN KATA2 BELIAU DALAM KITAB
ALGHUNYAH.
BERIKUT INI
ADALAH RINGKASAN AQIDAH BELIAU :
Aqaidul iman 50
( Jawa: mu’taqot 50 ), yaitu kajian ilmu tauhid, sebagai dasar landasan utama
pengenalan kepada Allah SWT, sebagai bahan masukan disini, bukan untuk
membenarkan keyakinan saya dan menyalahkan yang lain atau sebaliknya, tapi
sebagai tambahan ilmu, kalau dianggap baik, silahkan diambil, kalau tidak
silahkan ditinggalkan, tidak ada paksaan, tidak ada judgment dan vonis.
Ilahi anta
maqsudi, waridlaka matlubi
( Ya Allah,
Hanya Engkaulah Tujuanku, dan hanya ridlamu yang aku harapkan )
Walillahil
masyriqu wal maghribu, fa aynama tuwallu fatsamma wajhullah, Innallaha waasi’un
‘aliim ( QS al baqarah 115 )
( Dan kepunyaan
Allah, belahan bumi timur dan barat, maka kemanapun tempat kamu menghadap, maka
disitu engkau menghadap pada Dzat Allah, sesungguhnya Allah, Dzat yang maha
luas dan Dzat yang maha mengetahui )
Awwalu wajibin
‘alal insani ma’rifatul ilahi bistiqani ( kitab az zubad, syeikh Ibnu Ruslan )
( Kewajiban
paling awal, bagi setiap manusia adalah mengenal dan mengetahui Tuhannya dengan
keyakinan yang jelas tanpa keraguan )
Bismillahirahmaniirrahiim
Aqaidul iman 50
( Jawa : mu’taqot seket ; 50 )
Allah itu
mempunyai sifat wajib,mustahil ( muhal ) dan sifat jaiz ( wenang )
Sifat wajib
Allah ada 20 dibagi jadi 4 bagian
1. Sifat
Nafsiyah
2. Sifat
Salbiyah
3. Sifat Ma’ani
4. Sifat Ma’nawiyah
1. Sifat Nafsiyah
Sifat yang dinisbahkan kepada Allah yang maksudnya ada, yaitu sifat wujud
Sifat mustahil /lawannya ( muhal ) = adam, artinya tidak ada
Dalil : Allahulladzii khalaqas samaawati wal ardla wamaa baynahuma
( Yaitu Allah, Dzat yang menciptakan tujuh lapisan langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada diantaranya )
2. Sifat Salbiyah
1. Sifat Nafsiyah
Sifat yang dinisbahkan kepada Allah yang maksudnya ada, yaitu sifat wujud
Sifat mustahil /lawannya ( muhal ) = adam, artinya tidak ada
Dalil : Allahulladzii khalaqas samaawati wal ardla wamaa baynahuma
( Yaitu Allah, Dzat yang menciptakan tujuh lapisan langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada diantaranya )
2. Sifat Salbiyah
Sifat yang digunakan untuk menolak sesuatu yang tidak patut untuk
dinisbahkan kepada Allah. Ada
5 sifat yaitu : Qidam,Baqo,Mukhalafatu lil hawaditsi, Qiyamuhu binafsihi,
Wahdaniyah
Qidam = sudah sedia ada ( adanya tidak didahului oleh
tidak adanya)
Jawa:
gusti Allah iku mesti disek disek i ora ono sing disek I, kari ora ono kang
ngareni.
Dalil : huwal
awwalu wal akhiiru
Huwa yaitu Allah, al awwalu, Dzat yang awal,
wal akhiiru dan Dzat yang akhir
Sifat mustahil / lawan ( muhal ) qidam = huduts ( baru
)
Baqo
= kekal / tetap, tetap dan kekalnya tidak dari diam tidak dari gerak, sebab
diam dan gerak itu pekerjaan makhluq
jawa :
tetep , tetepe ora songko obah ora songko meneng, sebab obah lan meneng iku
penggawene makhluq
Dalil : Wayabqaa wajhu
rabbika dzul jalaali wal ikraam (Ar Rohman27)
Wayabqaa, dan tetaplah kekal, wajhu rabbika ,dzat Tuhanmu Muhammad, dzul jalaali yang mempunyai sifat
keagungan, wal ikraam dan sifat
kemulyaan.
Sifat
mustahil/Lawan ( muhal ) baqo = fana ( rusak / binasa )
Mukhalafatu lil hawaditsi = berbeda
dengan segala sesuatu yang baru (makhluq).
Jawa:
nulayani marang sekabehe barang kang anyar.
Perbedaannya
yaitu tidak berbentuk ( ora jerem ), tidak berbadan ( ora jisim ), tidak
seperti intan permata ( ora jauhar ), tidak ada rupa ( ora ‘arod ) tidak
betingkat – tingkat ( ora juz ), tidak terbagi ( ora kul ), tidak ada dalam
fikiran kita.
Dalil : laisa
kamitslihi syaiun ( Asyuro 11 )
Laisa, tidak ada, yaitu kamitslihi seperti persamaanNYa Allah, Syaiun dari segala sesuatu
Sifat
mustahil / lawan ( muhal ) = mumtsalatu lil hawaditsi ( sama dengan yang baru )
Qiyamuhu
binafsihi = Berdiri diatas Dzatnya sendiri
Sifat
mustahil / lawan ( muhal ) = Ihtiyaju lighairihi, artinya mustahil jika Allah
butuh tempat kepada sesuatu selainNya
Dalil
: Innallaha La ghaniyyun ‘anil ‘alamin
( al ankabut : 6 )
Innallaha, sesungguhnya Allah, la ghaniyyun, nyata dzat yang maha
kaya/tidak butuh apapun, ‘anil ‘alamiin,
kepada semua alam
(
tidak butuh tempat, tidak butuh waktu, tidak butuh apapun )
Wahdaniyah
= Allah itu Dzat Esa / satu yang hakiki
(
jawa : Gusti Allah iku mesti siji kang hakiki )
Esa
Dzat, tidak kamuttasil, tidak kammunfasil
Esa
sifat, tidak kamuttasil, tidak kammunfasil
Esa
perbuatan, kamuttasil wajib, tidak kammunfasil
(
jawa : siji Dzate, kamuttasil ora, kammunfasil ora
siji
sifate, Kamuttasil ora, kammunfasil ora
siji
panggawene, kamuttasil wajib, kammunfasil ora )
Esa
Dzat, tidak kamuttasil artinya Dzat Allah itu tidak seperti bilangan yang dapat
disebut seperti bulu, kulit otot, daging, tulang, sum sum, bukan itu.
Tidak
Kammunfasil artinya : Dzat Allah itu tidak memakai bilangan yang pisah – pisah
seperti jari tangan, jari kaki, bukan itu.
Esa
sifat, tidak kamuttasil artinya sifat Allah itu tidak seperti warna yang dapat
disebut merah, hijau, kuning, putih, hitam, biru dan seterusnya, bukan itu Esa
sifat, tidak kammunfasil artinya sifat Allah itu tidak seperti bilangan yang dapat dipisah pisah seperti tangan, kaki
bukan itu.
Esa
perbuatan ( jawa: siji panggawene ) kamuttasil wajib artinya perbuatan Allah
itu pasti dapat ditemukan pada ciptaanNya
(
jawa : Panngawene Gusti Allah iku mesti tetemu marang gawenane )
Esa
perbuatan, tidak kammunfasil artinya Mustahil jika Allah itu sampai terpisah
dengan perbuatan atau ciptaanNya
Sifat
mustahil / lawan dari sifat Wahdaniyah = Muhal Ta’addud artinya mustahil jika
Allah itu sampai memakai bilangan, seperti satu dalam artian bilangan
Dalil : Qul Huwallahu ahad
Qul; katakanlah Muhammad, Allahu yaitu Allah, itu Ahadun satu yang hakiki ( jawa: siji
ngijeni kang hakiki )
3. Sifat Ma’ani :
Artinya Allah
sebelum menjadikan langit bumi seisinya ini, maka Allah sudah memiliki sifa
Ma’ani yaitu Allah sudah kuasa, sudah berkehendak, sifat ma’ani ada 7 yaitu :
Qudrat, Iradah, ‘Ilmu, Hayat, Sama’ , Bashar, Kalam
Qudrat = Kuasa
Sifat mustahil /
lawan ( muhal ) = ‘Ajzun artinya Lemah ( jawa: apes )
Dalil :
Innallaha ‘ala kulli syain qadiir ( Qs Albaqarah 20 )
Innallaha,
sesungguhnya Allah, ‘ala kulli Syain diatas segala sesuatu, Qadiruun, Kuasa
Iradat = Allah
itu mempunyai kehendak / Berkehendak
Sifat
Mustahil/lawan (muhal) = Karohah artinya Mustahil kalau sampai Allah itu
terpaksa menuruti kehendak Makhluq ( jawa: kasereng )
Dalil : Fa’aalul
lima yuriidu (
Qs Al buruj 16 )
( Dzat yang
banyak mencipta segala sesuatu menurut kehendakNya )
‘Ilmu = Allah
Maha mengetahui ( Jawa : Ngudaneni )
Sifat Mustahil /
lawan ( muhal ) = Jahlun artinya, mustahil jika Allah itu bodoh
Dalil :
Innallaha ‘alimun bidzaatish shuduuri ( Qs Al Imron 119 )
Innallaha,
sesungguhnya Allah, ‘aliimun, Dzat yang maha mengetahui, bidzaatish shuduuri,
diatas orang – orang yang memiliki beberapa macam keadaan hati
jawa: Setuhune Gusti Allah iku ngudaneni
kelawan wong kang anduweni piro – piro ati)
Hayat = Allah
itu maha hidup, hidupNya tidak pakai nyawa, tidak pakai sukma
Sifat mustahil /
lawan ( muhal ) = Mautun artinya mustahil jika Allah sampai mati.
Dalil :
Watawakkal ‘alal hayyilladzii laa yamuutu ( Qs Al Furqan 58 )
Watawakkal, dan
bertawakal/pasrah lah engkau Muhammad, kepada Hayyilladzii, Dzat yang maha
hidup, laa yamuutu, yang tidak akan mati.
Sama’ = Allah
Maha mendengar, mendengarNya tidak pakai telinga ( Jawa : ngerungu, ngerungune ora
nganggo kuping )
Sifat
mustahil/lawan ( muhal ) = Shomamun, artinya mustahil jika Allah itu tuli
Dalil :
Innallaha Samii’un ‘aliim ( Qs Al Imron 34 )
Innallah,
sesungguhnya Allah, itu Samii’un, Dzat yang maha mendengar, ‘aliimun dan Dzat
maha mengetahui.
Bashar = Allah
Maha melihat, melihatNya tidak pakai mata ( Jawa: Gusti Allah iku mesti
ningali, ningalane ora nganggo meripat )
Sifat
mustahil/lawan ( muhal ) = ‘Umyun artinya mustahil jika Allah buta
Dalil : Wallahu
bashiirun bimaa ta’maluna ( Qs Al Hujurat 18 )
( Dan Allah itu
Dzat yang maha melihat atas segala sesuatu perbuatan yang kamu lakukan )
Kalam = Allah
itu maha berfirman ( berkata – kata ) berkata –katanya Allah tidak pakai suara
dan aksara (jawa: Gusti Allah mesti dawuh, dawuhe ora nganggo suoro, ora
nganggo aksoro )
Sifat mustahil /
lawan ( muhal ) = bukmun artinya mustahil jika Allah itu dzat yang bisu
Dalil :
Wakalamallahu Muusa takliiman
Wakalamallahu,
dan telah berfirman / berbicara Allah, Muusa kepada nabi Musa, takliiman dengan
sebenar – benar berbicara / berfirman.
4. Sifat Ma’nawiyah :
Setelah
menjadikan langit bumi sesisinya, Allah mempunyai sifat ma’nawiyah artinya
Allah itu Yang Kuasa, Yang berkendak dan seterusnya, sifat ma’nawiyah ada 7
yaitu : Qadiran, Muridan, Aliiman, Hayyan, Samii’an, Bashiiran, Mutakalliman.
Kaunuhu Qadiran
= adanya Allah itu Dzat yang Kuasa
Sifat mustahil /
lawan = ‘Ajizan artinya mustahil Allah dzat yang lemah
Dalil = sifat
qudrat
Kaunuhu Muriidan
= adanya Allah itu dzat yang berkehendak
Sifat mustahil /
lawan = Karihan artinya mustahil Allah dzat yang tidak berkehendak ( menuruti
kehendak makhluq )
Dalil = dalil
sifat iradat
Kaunuhu Aliiman
= Adanya Allah itu Dzat yang maha mengetahui
Sifat mustahil /
lawan = Jahilan artinya mustahil Allah dzat yang bodoh
Dalil = dalil
sifat ‘ilmu.
Kaunuhu Hayyan =
adanya Allah itu dzat yang maha hidup
Sifat mustahil /
lawan = mayyitan artinya mustahil Allah dzat yang mati
Dalil = dalil
sifat hayat.
Kaunuhu samii’an
= adanya Allah itu dzat yang maha mendengar
Sifat mustahil /
lawan = Ashomma artinya mustahil Allah dzat yang tuli
Dalil = dalil
sifat sama’
Kaunuhu
Bashiiran = adanya Allah itu dzat yang maha melihat
Sifat mustahil /
lawan = a’ma artinya mustahil Allah dzat yang buta
Dalil = dalil
sifat bashar.
Kaunuhu
Mutakalliman = adanya Allah itu dzat yang maha berbicara
Sifat mustahil /
lawan = Abkama artinya mustahil Allah dzat yang bisu
Dalil = dalil
sifat kalam.
Sifat Jaiz (
kewenangan ) Allah ada satu dijabarkan jadi 5, ditambah sifat mustahilnya 5
jadi 10 :
1)
Allah menjadikan langit bumi
seisinya kewenangan Allah, mustahil jika Allah menjadikan langit bumi seisinya
wajib
2)
Allah menjadikan langit bumi
seisinya tidak berharap manfaat, mustahil jika berharap manfaat
3)
Allah menjadikan langit bumi
seisinya, langit bumi seisinya ini tidak punya daya kekuatan, mustahil jika
punya daya kekuatan
4)
Allah menjadikan langit bumi
seisinya, langit bumi sesisinya tidak punya daya watak / sifat
5)
Allah menjadikan langit bumi
seisinya ini baru, mustahil jika qidam
Aqaidul iman 50
dibagi jadi 2 yaitu :
1. Istighna’
2. Iftiqar
Istighna’
angkullima siwaahu artinya Allah itu maha kaya, tidak butuh sesuatu selainNya,
sifatnya ada 28 ( termasuk sifat wajib, mustahil dan jaiz ) yaitu : wujud,
qidam,baqa, mukhalafatu lil hawaditsi, qiyamuhu binafsihi, sama’, bashar,
kalam, samii’an, bashiiran, mutakalliman ( 11 ) , sifat mustahilnya 11, jadi
22,
sifat jaiz 3 (
yaitu no 1- 3 diatas ) ditambah mustahil jaiznya 3, jadi 6
22 ditambah 6 =
28
Istighna’
sendiri dibagi menjadi 5
1)
Istighna’ fa’il : Allah maha kaya,
tidak butuh pada perbuatan ( jawa: ora butuh
marang gawe ) sifatnya yaitu : wujud, qidam, baqa,
mukhalafatu lil hawaditsi
2)
Istighna’ mahal : Allah maha kaya,
tidak butuh pada tempat, sifatnya yaitu qiyamuhu binafsihi
3)
Istighna’ mukammil : Allah maha
kaya, tidak butuh pada sesuatu yang menyebabkan sempurna, sifatnya yaitu sama’
bashar, kalam, samii’an, bashiiran, mutakalliman
4)
Istighna’ maf’ul : Allah maha
kaya, tidak butuh pada ciptaanNya, sifatnya sifat jaiz no 1 dan 2, ditambah
sifat mustahil dari sifat jaiz tersebut.
5)
Istighna’ washitoh : Allah maha
kaya, tidak butuh pada lantaran, sifatnya sifat jaiz no 4 ditambah sifat
mustahil dari sifat jaiz tersebut.
Iftiqar kullima
‘adaahu ilahi : setiap sesuatu selain Allah pasti butuh pada Allah
terdiri dari 22
sifat ( wajib, mustahil, jaiz ) Yaitu : qudrat, iradat, ilmu, hayat, qadiran,
muriidan, ‘aliiman, hayyan, samii’an, wahdaniyah ( 9 sifat ) mustahilnya 9
sifat, ditambah sifat jaiz no 4 dan 5, serta sifat mustahil bagi sifat jaiznya
2, jadi jumlahnya 22 sifat.
Istighna’ 28
sifat , dibagi jadi 2
1.Sifat kamal
artinya sempurna, terdiri dari 12 sifat ( wajib, mustahil, jaiz )
2.Sifat Jamal
artinya indah, terdiri dari 16 sifat ( wajib, mustahil, jaiz )
Iftiqar 22 sifat
dibagi jadi 2
1.Sifat Jalal, artinya
Agung, terdiri dari 10 sifat ( wajib, mustahil, jaiz )
2.Sifat Qohar,
artinya Perkasa, terdiri dari 12 sifat ( wajib, mustahil, jaiz )
Istghna’ 28
sifat ditambah iftiqar 22 sifat disebut aqaidul iman 50
Semua sifat
diatas terangkum dalam kalimah tauhid :
Laa ilha illa
Allah
Laa, mengandung
sifat kamal 12
Ilaha,
mengandung sifat jamal 16
Illa, mengandung
sifat jalal 10
Allahu,
mengandung sifat qohar 12
Jumlah 50 sifat.
Huruf kalimah
tauhid laa ilaha illa Allah, 12 huruf
Lam, lafad Laa,
artinya tidak ada yang lainnya
Alif, lafad laa,
mustahil jika Allah ada yang lainnya lagi.
Alif, lafad
ilaha, itsbat iradat artinya tetap pada kehendak Allah
Lam, lafad
ilaha, Nafi mujtahid nakiroh, artinya hati – hati jangan berharap pada Tuhan
yang lain, kecuali Allah.
Ha, lafad ilaha,
itsbat ahadiyah, tetap satu/esa dzat Allah
Alif, lafad
illa, itsbat hidayah, tetap petunjuk dari Allah
Lam, lafad illa,
lam nafi ‘ubudiyah, artinya tidak ada sesembahan selain Allah
Alif, lafad
illa, artinya mustahil jika ada sesembahan selain Allah.
Alif, lafad
Allahu, itsbat wahdiyah, tetap satu hakiki sifat Allah
Lam awwal, lafad
Allah, itsbat ta’dim artinya tetap keagungan milik Allah
Lam tsani, lafad
Allah, mustahil jika Allah itu tidak bersifat agung.
Ha, lafad Allah
itsbat Hawiyah, artinya tetap keluasan milik Allah
Huruf Lafad
Allah itu ada 4, menunjukkan kalau ilmu ada 4 yaitu :
1. Ilmu Syari’at
2. Ilmu Thoriqoh
3. Ilmu haqiqah
4. Ilmu Ma’rifah
Ilmu syari’at
artinya aturan
tempatnya di lisan, orangnya harus mempunyai niat, ibadah wudlunya dengan air,
sholatnya berdiri, ruku’, sujud, duduk, yang mengerjakan 7 anggota badan
Ilmu Thoriqah
Artinya jalan
atau perjalanan, tempatnya di hati, orangnya harus berbuat atau beramal, ibadah
wudlunya meninggalkan sifat dengki atau hasud, sholatnya menampakkan sifat
belas kasih sesama makhluq, yang mengerjakan hati
Ilmu Haqiqah
Artinya Nyata,
tempatnya di ruh atau nyawa, orangnya harus meninggalkan perasaan bisa ( jawa :
tinggal rumongso ) ibadah wudlunya harus tinggal takabbur, ujub dan sombong,
sholatnya menampakkan sifat sabar yang mengerjalan ruh.
Ilmu ma’rifah
Artinya mengerti
/ mengetahui, tempatnya ada di rasa ( jawa: pangeroso ) orangnya harus ngerti,
ibadah wudlunya tenang ( jawa : anteng ) sholatnya harus sungguh – sungguh (
khusyuk dan mudawamah / terus menerus tanpa mengenal waktu ) yang mengerjakan
rasa (jawa: pangeroso )
Macam Syahadat :
1. Syahadat Mutaawwilah artinya
syahadat yang pertama, Syahadatnya Allah sendiri Bunyinya : Innanii anallahu laa ilaha illa ana ( Qs
Thoha 14 )
( Sesungguhnya Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain
Aku )
2.
Syahadat Mutawashitoh artinya
Syahadat yang tengah – tengah, seperti syahadatnya malaikat, para nabi dan
rasul dan para orang mukmin semua
yaitu : Asyahadu
anlaa ilaha illallah ( QS Al
Imron 18 )
dalil : Syahidallahu annahu laa ilha illa huwa wal
malaikatu wa ulul ‘ilmi
3.
Syahadat Muta akhirah artinya
syahadat yang terakhir yaitu syahadat umum orang islam semua
Syarat orang
membaca syahadat harus memenuhi 3 perkara
1) Nur Hidayah, barang siapa yang mendapat
nur hidayah akan dijaga dari sifat musyrik dan perilaku syirik
2) Nur Inayah, barang siapa yang
mendapat nur inayah maka akan dijaga dari dosa besar
3) Nur kifayah, barang siapa mendapat
nur kifayah maka akan dijaga dari bersitan hati yang kotor dan jelek.
Sempurnanya iman
harus meninggalkan 4 perkara yaitu :
1. harus
meniadakan pertanyaan kaifa ? ( Bagaimana Allah )
2. harus
meniadakan pertanyaan, kam ? ( berapa Allah )
3. harus
meniadakan pertanyaan ma ta ? ( kapan Allah itu ada )
4. harus
meniadakan pertanyaan ayna ? ( dimana allah )
artinya selama
kita masih mempunyai keraguan atas pertanyaan diatas, dan belum mendapat
jawaban, maka itu tanda iman kita belum sempurna.
Tanda islam itu
ada 4 yaitu :
1. Mengaku lemah
dan fakir dihadapan Allah
2. Suci lisan
dari bohong
3. Suci badan
dari najis
4. Suci perut
dari barang haram
Rusaknya Islam
itu ada 4 perkara
1. Melakukan
amal perbuatan tanpa ilmu, tidak tahu wajib, sunnah atau wenang
2. Mengerti ilmu
tapi tidak mau beramal
3. Tidak
mengerti atau tidak tahu, tapi tidak mau bertanya
4. Menghalang –
halangi dan menjelekkan orang yang mencari kebaikan karena Allah
Wallahu ‘alam
bishawab.
Hanya untuk referensi :
1) Untuk aplikasi /
penerapan tauhid dalam kehidupan sehari–hari, kitab rujukan al hikam, Syeikh
Ibnu Athaillah al iskandari
2) Untuk pendalaman
tauhid, kitab rujukan, Al insan al kamil, syeikh Abdul karim ibnu ibrahim al
jilli, kasyful mahjub ( syeikh Al hujwiri ), Jami’ al ushul fi al auliya,
3) kitab pendukung
tassawuf, Risalah al qusyairiyah ( syeikh abul qasim al Qusyairy), Al fath al
rabbani, Sirrul al Asraar ( syeikh Abdul Qadir al Jailani ), Minhaj Al ‘Abidin
( Syeikh Imam Al Ghazali ), Minahus Saniyah ( syeikh Abdul wahab asy sya’rani )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar