Langsung saja berikut sekilas tentang fitur SKBK Layanan Simpatika 2016 :

Ajuan SKBK (Surat Keterangan Beban Kerja) dan Pengesahan SKMT (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas).
Sebagai bagian dari SIMPATIKA, fitur Ajuan SKBK juga menghormati
prinsip layanan SIMPATIKA secara umum, yaitu sistem menjamin proses
pengelolaan data yang lebih transparan, terpadu, akurat, cepat, mudah,
dan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku, serta bekerja secara
realtime online (daring waktu-nyata). Fitur baru Ajuan SKBK dalam SIMPATIKA ini mempunyai 3 (tiga) keunggulan utama, yaitu:
1. Bekerja secara realtime online dan terpadu
Sistem yang bersifat realtime online
dan terpadu memungkinkan proses pengajuan SKBK bisa dipantau setiap
saat secara langsung dari mana saja dan kapan saja. Guru yang mengajukan
SKBK bisa memantau seluruh proses pengajuannya dari awal hingga akhir.
Setiap guru bisa mengetahui apakah SKBK yang diajukannya telah diproses
dan dinilai dengan benar. Begitu sebuah ajuan SKBK selesai dinilai, saat
itu juga guru yang bersangkutan dapat melihat hasilnya melalui akun
SIMPATIKA masing-masing. Dengan demikian, tak ada waktu tunggu dalam
pemrosesan data, serta terpusat dan terpadu dalam penyajian data.
2. Data berbasis data nyata jadwal mengajar guru
Data utama SKMT dan SKBK diambil dari
sumber primer jadwal mengajar guru yang sebenarnya. Informasi jumlah jam
mengajar, rasio guru dan siswa, mata pelajaran yang diampu, dan
sebagainya, diambil langsung dari jadwal kelas dan guru yang telah ada
dalam layanan SIMPATIKA. Sistem penjadwalan dalam SIMPATIKA cukup cerdas
untuk bisa mencegah adanya jadwal ganda atau jadwal bentrok. Ini berkat
sistem yang terpadu dalam SIMPATIKA. Dengan demikian, data yang
digunakan dalam SKMT dan SKBK lebih akurat, terpercaya, dan dapat
dipertanggung-jawabkan keabsahannya.
3. Penilaian yang terotomasi oleh sistem
Penilaian kelayakan SKBK dalam layanan
SIMPATIKA dilakukan secara otomatis oleh sistem berdasarkan aturan dan
ketentuan yang berlaku untuk Tunjangan Profesi. Sepanjang data primer
yang dimasukkan adalah data yang benar maka penilaian hasil kelayakan
juga benar dan sesuai aturan. Tidak ada pemasukan data berulang sehingga
kemungkinan data ganda atau salah entri menjadi sangat kecil. Dengan
demikian, hasil penilaian SKBK dari layanan SIMPATIKA untuk penentuan
kelayakan Tunjangan Profesi menjadi lebih akurat, cepat, mudah, dan
akuntabel.
Dengan 3 keunggulan tersebut, fitur Ajuan SKBK dalam layanan SIMPATIKA menjadi fitur eksklusif yang belum tersedia di layanan-layanan lain sejenis.
Layanan SIMPATIKA yang bekerja secara realtime online,
terpadu, dan pintar, membuat pihak Kantor Kemenag dari kota dan
kabupaten hingga tingkat nasional menjadi sangat terbantu dalam
pengelolaan PTK secara lebih profesional, cepat, mudah, dan lengkap.
Sistem layanan SIMPATIKA menjamin aturan dan prosedur dilaksanakan
dengan benar, data-data yang digunakan bersumber dari data sebenarnya,
serta proses yang cepat dan mudah dengan bantuan teknologi, sehingga
keluaran dari sistem ini adalah informasi yang akurat dan dapat
dipertanggung-jawabkan.
Semoga Informasi di atas bermanfaat
untuk semua, terutama rekan OPS Kemenag dan rekan guru di bawah naungan
kemenag. Rencananya Fitur Ajuan SKBK ini akan segera diluncurkan dalam
bulan Februari 2016. Kapan tepatnya? Tunggu saja tanggal tayangnya di
SIMPATIKA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar