PANDUAN RINGKAS PEMAKAIAN MESIN ABSEN SIDIK JARI
SECURE
Setelah meakukan install Software Time Attendance Sistem, akan ad adua aplikasi yang bisa dipakai, yaitu Time Attendance Admin dan Time Attendance Retrieve.
Time Attendance Admin berfungsi untuk pengaolahan data ( registrasi, pengaturan jadwal, cetak laporan, dll)
Sedangkan Time Attendane Retrieve berfungsi untuk melakukan penarikan data absensi.
Masuk ke Time Attendance Admin
Password : " Password"
Pertama yang harus setting adalah, koneksi, jam kerja, departemen, dan pendaftaran karyawan.
1. Koneksi
Untuk menghubungkan antara mesin absen dan komputer yang dipakai, diperlukan pengaturan IP Address, mesin dan informasi mesin di aplikasi harus sama
2. Time Attendance Admin
* Untuk mulai menggunakan software, Dapat dipilih menu start dan pilih
Time Attendance Admin, maka tampilan sebagai berikut:Time Attendance Admin berfungsi untuk pengaolahan data ( registrasi, pengaturan jadwal, cetak laporan, dll)
Sedangkan Time Attendane Retrieve berfungsi untuk melakukan penarikan data absensi.
Masuk ke Time Attendance Admin
Password : " Password"
Pertama yang harus setting adalah, koneksi, jam kerja, departemen, dan pendaftaran karyawan.
1. Koneksi
Untuk menghubungkan antara mesin absen dan komputer yang dipakai, diperlukan pengaturan IP Address, mesin dan informasi mesin di aplikasi harus sama
2. Time Attendance Admin
Password
: Password
3. KONEKSI
- PIlih Terminal
- Informasi Terminal
- Tambah à Isi Kolom , Klik IP Addres dan ip Address
- Simpan
- Informasi Terminal
- Tambah à Isi Kolom , Klik IP Addres dan ip Address
- Simpan
Tolong pastikan bahwa semua data yang telah dimasukkan pada system
adalah data yang sama dengan yang berada dalam ‘Terminal’.
- Menu- Pengaturan
- Pilihan Lain
- Pil Kom
- IP Address (diisi sesuai dengan yang didaftar di computer)
- klik esc
- simpan (OK)
4. Pengaturan Departemen
- Menu Alat
- Pengaturan Departmen
- Pengaturan Departmen
Ini
adalah fungsi menu untuk mengatur departemen dari masing-masing divisi.
Sebagai contoh:
User akan input kode departemen dan nama departemen dengan detail, lalu klik save. User dapat menambah yang baru jika kode
departemen lebih dari satu dan setelah
selesai klik tutup.
5. Pengaturan Jam kerja
Pengaturan ini berfungsi untuk mengatur shift kerja
untuk semua karyawan per harinya. User harus mangatur kode shift, Nomor Shift,
dan nama shift. Settingan ini dapat menampilkan warna berdasarkan masing-masing
kode shift sehingga memudahkan user untuk mengingat shift mereka.
Setelah itu, user dapat mensetting waktu untuk
semua shift setting dan hari, lalu klik simpan. Jika user mempunyai lebih dari
1 shift, user dapat menambah shift dengan cara klik tambah. Setelah selesai, klik simpan.
Setelah selesai menginput pengaturan pola jam
kerja, sekarang user dapat menemukan untuk setiap kelompok shift untuk memilih
karyawan dan mengcreate perubahan dari
setiap kerja shift.
Pada menu ini juga untuk mengaktifkan
karyawan pada polanya masing-masing. Pilih pola à tambah karyawan à pilih karyawan yang akan masuk ke pola tersebut à tampilkan à klik semua karyawan à proses
7.
PENGATURAN DAFTAR
JAM KERJA
Pada menu ini anda bisa melihat jam
kerja karyawan. Jika ada yang ada tanda “X” berarti karyawan tersebut belum di
daftarkan di pola jam kerja seperti di atas.
8. PENGATURAN
INFORMASI KARYAWAN
Berfungsi untuk melihat semua informasi karyawan.Jika user ingin
menambah karyawan, klik tambah. Diidsi kolom berwarna cream dan nama kecil
karyawan.Setelah selesai, klik simpan.
Jika akan menghapus karyawan pilih nama à isi tanggal keluar à simpan à hapus.
9. TERMINAL DAFTAR PEMAKAI
Untuk melihat semua karyawan yang telah
melakukan registrasi dalam alat tersebut, anda dapat memilih menu ‘Terminal à Terminal Daftar Pemakai’,lalu layar akan
menampilkan windows berikut
Sebelum memulai memindahkan ‘Database’ kedalam ‘Terminal’ ,Mohon catat
bahwa User harus melengkapi database dari software sebelum memindahkan karena
proses pemindahan tidak dapat memulai dari Terminal ke Database. Harus berasal
dari Database ke Terminal, Setelah menyelesaikan lalu User akan bisa
memindahkan template Jari dari Terminal
ke Database.
Database User List adalah daftar untuk nama karyawan ,id Fingerprint ,nama panggilan, dan
status. Untuk mempunyai nama karyawan dan ID fingerprint per daftar database
user, anda sebaiknya mengisi semua informasi yang dibutuhkan per’informasi
karyawan’.
Status disini dimaksudkan adalah untuk FP(Fingerprint).PD(Password) dan
Kosong.Ketika menampilkan ‘FP’ dan ‘PD’
berarti ‘Fingerprint’ atau ‘password’ sudah disimpan dalam database
dan’None’ berarti tidak ada data ( baik Fingerprint maupun password ) didalam
database.
Pada ‘Terminal User List’ klik kotak dialog untuk menghubungkan alat
dengan software .Setelah mengklik kotak dialog ,lalu tombol VIEW TERMINAL USER
LIST akan aktif,tekan tombolnya. Proses tersebut untuk menghubungkan alat
dengan software akan muncul pada PROCESS LOG. Sekali terhubung, semua
Fingerprint ID pada alat akan terlihat pada Terminal User List (sisi
kanan).Jika user membutuhkan utnuk melihat status dan status fingerprint pada
Terminal User List ,Mohon klik tombol dengan gambar sbb:
TerminalDaftar pemakai adalah daftar dari semua
fingerprint, yang telah deregister pada Terminal.
Tombol jika kamu menghubungkan Terminal dengan
software.
Sementara kamu menghubungkan terminal dengan
software , Mohon klik pilihan ‘View with status and FP count’ ,jika kamu
membutuhkan untuk menunjukkan status pada Terminal User.
Find Fingerprint
ID in Terminal User List
Jika User membutuhkan utnuk melihat
Fingerprint ID dalam Terminal User List.
Download at
Terminal User List
Untuk Memindahkan Template jari dari terminal ke software.
Delete at Terminal
User List
Untuk menghapus informasi terminal melalui software.
Filter Database
User List
Jika user membutuhkan untuk melihat database yang diinginkan,kamu dapat
melihat semua department , dan departemen lainnya yang ada dalam daftar..
Find Fingerprint
ID in Database User List
Jika User membutuhkan untuk melihat Fingerprimt ID yang diinginkan dalam
daftar database User
User Info Only
Jika User membutuhkan utnuk memindahkan info user hanya dari Database
User List ke Terminal User List.
User Info and
Finger
Jika User membutuhkan untuk memindahkan info user dan jari dari database
user list ke terminal user list.
Upload at Database
User List
Untuk memindahkan Database User
list ke Terminal User List.
Terminal à Terminal Daftar Pemakai à klik No. Terminal à View Terminal User List à Pilih Karyawan Pada kolom database (kiri) à Upload.
Setelah itu daftar sidik jari.
10. CARA PENDAFTARAN SIDIK JARI
Menu à Kelola User à Melihat User à Pilih User à Ubah à Sidik Jari (1 jari,3x scan) à esc à simpan.
Setelah daftar sidik jari kirimkan sidik jari dari terminal ke database
dengan cara :
Terminal à Terminal Daftar Pemakai à klik No. Terminal à View Terminal User List à Pilih Karyawan Pada kolom Termina (kanan)à Download.
11. PENARIKAN DATA
Setelah mesin berjalan lakukan penarikan data dengan cara berikut :
Buka Time AttendanceRetrieve à Penarikan semua log data
Tunggu sampai penarikan selesai.
12. PROSES
Setelah penarikan selesai, lakukan proses transaksi log pada admin.
Proses à Proses Transaksi Dala Log à Perubahan à Klik Semua Kayawan à Atur periode Awal dan Akhir à Klik Proses à Tutup
13. PENGATURAN INFORMASI UMUM
Pengaturan
ini berfungsi untuk memberikan toleransi kehadiran pada karyawan.
-
Atur waktu toleransi
kehadiran bermaksud untuk memberikan toleransi kehadiran sebelum jam kerja
dimulai, contoh : Jika jam kerja di mulai jam 8.00 dan diatur 1 jam pada kolom “Atur
Waktu Toleransi Kehadiran” maka jam 7.00
baru diperbolehkan untuk absen, jika ada yang absen di bawah jam 7.00 maka
laporan tidak kan dpat terlihat (dianggap datang terlalu pagi).
-
Atur Maksimum Jam Datang
bermaksud untuk memberikan toleransi kehadiran setelah jam kerja, contoh : Jika
jam kerja dimulai jam 8.00 dan diatur 1 jam pada kolom “Atur maksimum jam
Datang” maka jam 9.00 adalah jam terakhir karyawan diperbolehkan untuk absen,
jika ada yang absen diatas jam 9.00 maka laporan kehadiran tidak akan terlihat
(dianggap datang terlalu siang).
-
Pengesahan jam lembur
adalah pengaturan untuk memperlihatkan jam lembur. Jika kolom pada pengesahan
jam lembur itu terconteng, maka laporan tidak akan terliha. Tetapi jika tidak
diconteng maka laporan akan bisa dilihat.
14. LAPORAN
Dalam laporan terdapat macam-macam bentuk laporan yang dapat
anda gunakan, yang biasa di pakai adalah laporan kehadiran karyawan, laporan rinci
karyawan, laporan log karyawan.
Untuk mencetak laporan detail absensi karyawan, Anda dapat memilih menu “Laporan
à Lamporan
Kehadiran Karyawan”. Pada layar monitor
akan tampak window seperti gambar dibawah ini
Anda dapat menampilkan data karyawan dari departemen tertentu saja
dengan memilih departemen pada kotak pilihan ‘Department’ dan menampilkan data
karyawan yang ‘Active’ atau ‘Non Active’ pada kotak pilihan ‘Status’ untuk
ditampilkan dalam daftar karyawan (List Of Employees) dengan meng-klik icon
‘Refresh’ terlebih dahulu.
Kemudian pilih tanggal yang akan dicetak dengan memasukkan Tanggal
Awal pada kotak isian “Periode awal” dan
memasukkan Tanggal Akhir pada kotak isian “Periode akhir”. Dan Anda juga dapat
memilih status absensi yang akan dicetak dengan memilih pada kotak plihan
‘”Kondisi”.
Pilih karyawan yang diinginkan dan klik icon “Cetak Pilihan” untuk
mencetak data karyawan tersebut atau klik icon “Cetak Semua”untuk mencetak
seluruh data karyawan yang ditampilkan dalam daftar (List Of Employees).
Print Preview laporan akan ditampilkan sebelum Anda mencetak laporan
detail absensi karyawan, seperti gambar berikut:
15. MERUBAH PASSWORD
Untuk merubah Password ikuti langkah berikut:
Alat à
Pengaturan Informasi Admin à
Masukkan Administrator à
Masukkan Password Baru à
Konfirmasi Password à
Simpan.
16.
KETIDAK HADIRAN KARYAWAN
Pilih
menu tampilan à kegiatan kalender bulanan à pilih
karyawan à tarik lambang yang sesuai ke tanggal yang ditentukan à
berikan keterangan à simpan
Jika
terjadi kesalahan penempatan tanggal anda bisa menghapusnya dengan cara : tarik
lambang “shift hour” à masukkan jam kerja à
simpan.
17.
PENGATURAN HARI LIBUR
Menu
Alat à Pengaturan hari libur à tarik
lambang tambah hari libur ke tanggal yang ditentukan à
keterangan à simpan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar